Menu

Mode Gelap
How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips 20 Questions You Should Always Ask About Playstation Before Buying It The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers Technology Awards: 6 Reasons Why They Don’t Work & What You Can Do About It

Bintan · 1 Sep 2021 02:02 WIB ·

Potensi Wisata di Pulau Bintan, Primadona Kepulauan Riau


					Lanskap Treasure Bay Bintan, salah satu kolam renang terbesar di Asia Tenggara. (Shutterstock/Heru Sukma Cahyanto) Perbesar

Lanskap Treasure Bay Bintan, salah satu kolam renang terbesar di Asia Tenggara. (Shutterstock/Heru Sukma Cahyanto)

Pulau Bintan menjadi salah satu dari gerbang wisata di Indonesia. Hal ini membuat Pulau Bintan sangat berpotensi untuk pengembangan sentra wisata belanja dan cross border tourism. Cerahnya masa depan pariwisata di Pulau Bintan juga dapat dilihat dari data kunjungan wisatawan mancanegara.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Bintan, pada Januari 2019 ada 40.479 wisatawan mancanegara yang berlibur ke Pulau Bintan. Angka ini jauh melonjak dari Januari 2018 yang hanya 26.993 wisatawan mancanegara saja.

Peningkatan jumlah wisatawan ini memberikan harapan baik bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Pulau Bintan.

Selain wisata belanja, Pulau Bintan juga memiliki potensi besar di bidang bahari, budaya, sejarah, edukasi dan religi. Kelima kategori ini merupakan paket lengkap yang dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Bintan.

Ada beberapa destinasi wisata unggulan di Pulau Bintan yang potensial untuk menarik minat wisatawan mancanegara maupun domestik. Berikut adalah 7 destinasi wisata di Pulau Bintan dan sekitarnya yang memiliki pesona dan keindahan tak terbantahkan.

1. Pulau Penyengat
Berlokasi tidak jauh dari Pulau Bintan, Pulau Penyengat bisa diakses menggunakan Kapal Pompong. Meskipun terbilang kecil, namun Pulau Penyengat menjadi pusat destinasi wisata religi yang menarik untuk ditelusuri.

Di Pulau Penyengat terdapat situs wisata religi yang terkenal, yakni Masjid Raya Sultan Riau. Selain itu Pulau Penyengat juga memiliki destinasi wisata sejarah lain, seperti Gedung Penyimpanan Mesiu, Kompleks Makam Raja Abdurrahman, Kompleks Makam Raja Ali Haji, dan Istana Kantor Kerajaan. Daya tarik wisata di Pulau Penyengat juga telah kesohor ke negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia.

2. Treasure Bay
Salah satu destinasi wisata yang terbilang baru dan menjadi primadona di Pulau Bintan adalah Treasure Bay. Destinasi wisata ini punya luas area 338 hektar dengan total luas kolam renang mencapai 6,3 hektar. Dengan luas tersebut, Treasure Bay pun dilabeli sebagai Kolam Renang Terbesar se-Asia Tenggara.

Menariknya lagi, air kolam renang di Treasure Bay berasal dari air laut yang telah disuling. Tak hanya itu, keunikan Treasure Bay juga tampak dari tepian kolamnya yang dilapisi bahan fiber putih. Sekilas membuatnya seperti pasir putih pantai.

Dalam area Treasure Bay ini juga terdapat beberapa penginapan dan resort yang terbilang mewah namun terjangkau semua kalangan.

Wisata Patung Seribu Wajah, Bintan. Foto: Investor Daily/IST

3. Vihara Patung 1.000 Wajah
Suasana negeri tirai bambu akan terasa saat kita pertama kali menginjakkan kaki ke Vihara 1.000 wajah di Pulau Bintan. Kompleks yang bernama asli Vihara Ksitigarbha Bodhisattva tersebut memiliki ratusan patung dengan berbagai ukuran dan ekspresi wajah yang berbeda. Konon, ekspresi yang ditunjukkan tersebut merupakan ekspresi Buddha ketika dalam wujud manusia.

Patung-patung terbuat dari batu granit, dan dibuat oleh seniman asli Tiongkok. Selain patung-patung seribu wajah, daya tarik lain dari vihara ini adalah patung Buddha setinggi lima meter yang terdapat di depan vihara.

4. Danau Biru Kawal
Khas pulau yang pernah menjadi lokasi penambangan, Pulau Bintan juga memiliki danau cantik yang bernama Danau Biru Kawal. Danau ini dulunya merupakan bekas area tambang yang terisi air dan kini dijadikan destinasi wisata.

Gundukan bebatuan berwarna putih berpadu dengan air jernih yang seakan membiru menjadi salah satu spot foto yang banyak diincar wisatawan saat berkunjung ke Pulau Bintan.

5. Pantai Senggiling
Jika ingin menikmati pantai yang tergolong masih sepi, bisa coba singgah ke Pantai Senggiling. Pantai berpasir putih ini memiliki lingkungan yang masih sangat asri, karena jarang terjamah manusia. Selain pasir putih, di sepanjang Pantai Senggiling juga terdapat jajaran batu karang yang seakan membingkai pantai.

6. Desa Wisata Ekang
Destinasi wisata di Pulau Bintan selanjutnya adalah Desa Wisata Ekang, yang menawarkan sensasi wisata berbasis alam pedesaan. Tidak hanya belajar berkebun dan bermain dengan kelinci, wisatawan juga dapat menjajal ragam olahraga menarik. Mulai dari berkuda, bersepeda, hingga jogging santai. Cocok banget dijadikan tujuan wisata keluarga.

7. Bintan Mangrove
Potensi wisata bahari di Pulau Bintan tidak henti-hentinya menarik minat wisatawan. Selain pantai, Pulau Bintan juga memiliki Hutan Mangrove. Kawasan hutan mangrove ini berada di Sungai Sebong dan terbentang sepanjang 6,8 km.

Wisatawan dapat menyusuri sungai dengan menggunakan perahu motor. Selain menikmati asrinya hutan bakau, kawanan monyet, berang-berang, ular pohon, hingga kehadiran kingfisher juga akan menyapa wisatawan yang datang.

Bagaimana, semakin penasaran dan tertarik untuk berlibur ke Pulau Bintan?

Sumber: Kemenparekraf RI

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Yuk, Bermalam di Atas Kelong

21 December 2021 - 14:04 WIB

Along time, Menyusuri Perairan Bintan dan Susahnya Menjadi Nelayan

20 December 2021 - 04:21 WIB

BookBites: Four Titles to Keep You Engrossed During the Holidays

9 June 2021 - 21:05 WIB

Pop Culture’s Top Women Headline Lifetime’s Latest Movies

9 June 2021 - 20:23 WIB

Tech Guru Shares Top Gift Ideas for Dads and Grads

9 June 2021 - 20:19 WIB

Keep Gnats From Becoming A Pain in the Neck

9 June 2021 - 20:16 WIB

Trending di Tanjungpinang

Sorry. No data so far.